Tutorial Cara Menghubungkan One Man Band dengan Coolsoft Virtual Midi Synth

Tutorial Cara Menghubungkan One Man Band dengan Coolsoft Virtual Midi Synth - Halo agan agan semuanya hari ini saya kembali menulis artikel yang melanjutkan pembahasan artikel hari kemarin yaitu tentang Cara Bermain One Man Band Dangdut. Pada artikel kemarin sekilas telah saya jelaskan cara caranya yaitu dengan men download software coolsoft virtual midi synth full version.

Tutorial Cara Menghubungkan One Man Band dengan Coolsoft Virtual Midi Synth

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa aplikasi one man band ini adalah sebuah aplikasi virtual orgen tunggal, yang mana aplikasi omb ini dapat menjalankan style yang ber format sty atau sama persis dengan program style pada keyboard yamaha psr series.

Meski demikian bagusnya kemampuan software one man band ini ternyata suara yang dihasilkan masih kurang memuaskan, namun bisa menjadi lebih baik lagi apabila digabungkan dengan software sampling yaitu dengan coolsoft virtual midi synth. Oleh karena itu kita juga perlu men download coolsfot virtualmidisynth full version. 

Setelah agan-agan men download coolsoft virtualmidisynth full version, selanjutnya adalah agan-agan harus bisa cara instal coolsoft virtualmidisynth dan saya yakin kalau agan-agan semua sudah bisa cara instal coolsoft virtualmidisynth karena memang cara instal nya sangat gampang banget.Namun yang jadi masalah biasanya bagaimana cara setting nya ? atau cara menggabungkan one man band dengan coolsoft ?

Nahh maka dari itu artikel ini ditulis adalah untuk memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut tentang cara menggabungkan one man band dengan coolsoft. Mari kita simak tutorial selengkapnya 



Baca Artikel Lainnya :



Tutorial Cara Menghubungkan One Man Band dengan Coolsoft Virtual Midi Synth


  1. Buka aplikasi One Man Band, kemudian klik setting > klik midi out > pilih pada all channel > dan pilih coolsoft virtual midi synth
  2. Buka software coolsoft yang sebelumnya telah agan-agan instal tadi
  3. Setelah coolsoft terbuka, selanjutnya adalah membuka file soundfont dengan cara klik tanda Plus (+) lalu pilih load dimana kamu menyimpan file soundfont.
  4. Masih dalam pengaturan coolsoft, masuke bagian advanced option dan aturlah output buffer nya agar suaranya tidak delay.
  5. Jika pengaturan telah selesai tinggal di klik aply dan oke.

Mungkin ada yang masih belum mengetahui tentang soundfont ? karena memang belum saya jelaskan. Coolsoft adalah file yang berisi kumpulan sample instrumen atau bisa disebut dengan YEP/PPI nya untuk One Man Band. kalo di keyboard yamaha kan samplingnya pakai YEP/PPI, nah ini kalau di OMB pakai samplingnya soundfont atau disingkat SF2.

Soundfont 2 itu di load dengan aplikasi coolsoft virtualmidisynth full version, dan One Man Band nya pada midi out masuknya ke coolsoft. Begitulah kira-kira ilustrasi sederhananya sehingga bisa untuk memainkan style dengan suara gendang yang realistis atau mirip seperti suara gendang asli.

Nah begitulah tadi telah saya jelaskan cara-caranya cara setting coolsoft virtualmidisynth dan cara menghubungkan One Man Band dengan Coolsoft. Sebenernya masih ada hal lain yang bisa dilakukan dan saya rasa perlu untuk agan-agan semua ketahui bersama, bahwasannya ternyata bermain OMB di komputer atau laptop itu susah banget terutama memainkan tuts nya, nah maka dari itu kita bisa memakai yang namanya keyboard controller.

Namun pada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang bagaimana caranya memainkan OMB dengan keyboard controller, tema ini akan saya tulis dalam sebuah artikel yang khusus membahas Memainkan OMB dengan keyboard controller.

Demikianlah artikel yang berjudul tutorial cara menghubungkan one man band dengan coolsoft virtual midi synth semoga dapat membantu agan-agan semua, dan semoga memberikan manfaat yang berkah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »